Thursday, May 30, 2013

Belajar Menulis #1 Ide Datang, Ide Melayang

Sebagai blogger pemula, saya suka bingung mau menulis apa. Rasanya kegiatan yang saya jalani biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Mungkin karena masih belajar memupuk kebiasaan menulis, jadi saya masih sering kebingungan mengolah hal yang biasa menjadi istimewa.

Abi, komentator dan motivator terbaik saya, mengatakan, menulislah sesuai ide yang terlintas di pikiran. Hmmm, masalahnya ide pun sering kali tak kunjung datang. Seakan-akan bersembunyi, dicari-dicari tetap saja sulit ditemukan. 

Anehnya, saya sering sekali merasakan, justru pada waktu-waktu di mana saya sibuk mengerjakan hal lain dan bersifat urgen, ide mengalir lancar tanpa diundang. Hari senin siang, saat saya dalam perjalanan menjemput si sulung, misalnya, tanpa ada angin dan hujan, tiba-tiba saja ide sudah nangkring dengan manisnya di kepala saya. Saya merasa antusias, sampai-sampai ikut berusaha terlibat dengan mengembangkan 'kalau begini ... kalau di tambah itu ... aaah! kalau jadi seperti ini ... '. Tapi waktu saya sampai rumah, ide yang tadinya sudah kriuk tiba-tiba jadi melempem. Gara-garanya, ketika saya duduk di depan komputer saya ingat bahwa saya masih punya utang pekerjaan yang belum saya lunasi. Duh.

Sekarang, setelah saya selesaikan utang saya, entah kenapa ide yang dulu mampir itu tiba-tiba melantur, menguap dan hampir menghilang. Ingin sekali saya bisa menangkap utuh gagasan yang sama ... hup, hup.

Ketika saya mengeluhkan tentang hal ini kepada Abi, kembali ia memotivasi saya dan mencoba memberi solusi. Dia bilang, masalah saya ini klasik dan bisa diselesaikan dengan cara klasik juga: rajin mencatat. Saya memang belum punya kebiasan ini. Dulu saya punya satu buku kecil khusus untuk mencatat ide-ide yang sempat bertengger di kepala saya, tapi kemudian saya dihinggapi lupa. Lupa dimana menyimpan bukunya. Akhirnya pe-er saya malah bertambah: lupa ide dan lupa menyimpan buku ide. Shhh ...


foto: dokumentasi pribadi



6 comments:

  1. minggu lalu,, emak2 banyak yang membahas dari mana dapet idenya..

    kebanyakan memang dapat ide di sikon yang tidak memungkinkan,,seperti saya yang suka dapet ide di jalanan..

    saya biasanya suka bikin judulnya aja di draft blog.. ataupun nulis di notes judulnya...

    2 bulan tapi tulisannya banyak mak...produktif ^^...

    ReplyDelete
  2. mak june, maafkan aku ya, karena aku, dikau jadi ganti template :((.
    btw, kalo ide, biasanya aku jalan2 ke blog2 temen2, trus tiba2 cling... muncul deh idenya, tinggal ngoceh di laptop deh.
    hehehe.. salam kenal ya mak :)

    ReplyDelete
  3. wah, boleh juga sarannya ... makasih ya mak mak :) mau dicoba juga aah ...
    ngga papa mak quinie, nanti saya coba ganti ke tampilan dinamis lagi, trus saya cek kira-kira masih keliatan gak komen2 ini :)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, Mak. Saya juga sering ngalamin hal serupa ide mengalir deras saat saya sedang mengerjakan PR rumah. Saat sudah di depan lappi eh...malah ide nguap. Sekarang saat dapet ide langsung saya save di note Hp, krn kalau di buku suka lupa juga naruh bukunya di mana. Problem kita sama, ya Mak. Saling menyemangati ya...:)

    ReplyDelete
  5. oh iya, betul, di hape. lebih mudah dicari kalo ketlingsut dibandingkan buku notes ... insyaAllah ya Mak Desi, kita saling menyemangati :)

    ReplyDelete
  6. sama Mak, sering kali ide muncul tiba2 tanpa permisi, dan hilang pun secepat kilat, kalau ga cepat2 di simpan, menguaplah semua ide2 tadi. Masih harus terus belajar, terus cari ilmu biar makin oke, mendapatkan dan menyimpan ide2 :)

    ReplyDelete