Sunday, May 5, 2013

Belajar Masak #1 Biji Ketapang

Sejak kemarin saya terpikir untuk mencoba resep kue yang mudah untuk mengisi waktu libur si sulung.   Setelah mencari-cari resep, saya temukan resep kue kering tradisional Betawi, kue biji ketapang di rubrik kuliner majalah femina online. Kebetulan di kulkas masih ada sisa parutan kelapa dan susu segar,  jadinya bisa dimanfaatkan sekalian.

Meskipun awalnya ogah-ogahan, tapi karena mencium wangi kelapa sangrai, si sulung akhirnya ingin tau dan ikut membantu saya dan si bungsu yang sudah terlebih dulu sibuk membuat persiapan di awal. Si bungsu yang selalu antusias dengan acara masak-memasak sibuk menyiapkan semua bahan: 100 gr gula pasir, 300 gr tepung terigu (diayak), 75 gr kelapa parut (sangrai), 50 ml susu cair, 50 ml margarin (lelehkan), 1 butir telur, dan garam secukupnya. Sementara saya menyiapkan bahan-bahan mentah untuk diayak, disangrai, dan dilelehkan, saya membiarkan si bungsu untuk mengocok gula, telur, dan margarin. Setelah tercampur rata saya lalu campurkan dengan tepung terigu, susu, kelapa parut, dan garam. Hasilnyanya adalah adonan yang siap untuk dipulung panjang, dipotong miring, dan digoreng.

foto: aseli bikinan sendiri






No comments:

Post a Comment