Monday, June 17, 2013

Belajar Masak #7 Kue Semprit

Hari ini si bungsu request ingin praktik masak. Awalnya si bungsu ingin bikin donat, tapi saya kasih dia usulan yang lebih menantang: belajar bikin kue untuk persiapan lebaran. Hehehe, ini sih sebenarnya boleh-bolehnya saya aja mengajak si bungsu untuk menemani saya belajar bikin kukis untuk persiapan lebaran. Si bungsu sendiri keliatan sangat antusias. Kami lalu browsing cari resep kukis sederhana yang menggunakan sedikit telur dan sedikit margarin saja supaya bisa memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah saja. Akhirnya, ketemulah satu resep kukis klasik yang sering saya temui saat lebaran: kue semprit. Resepnya saya temukan di website sajian sedap.

Bahan-bahan:

150 gr margarin (saya pakai cuma 100 gr, karena memang sisa margarin di dapur tinggal 100 gr :p)
25 gr susu bubuk
1 kuning telur
200 gr tepung terigu (saya kurangi jadi 175 gr)
25 gr tepung maizena
100 gr gula halus (saya pakai gula biasa dengan takaran 80 gr saja)
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:

(1) margarin, gula, dan vanili dikocok hingga rata, masukkan kuning telur lalu aduk rata
(2) campurkan dengan susu, tepung terigu, dan maizena
(3) buat bentuk sesuai selera. Kalau menuruti resep asli, harusnya bentuknya dibuat dengan semprotan (apa sih istilah kulinernya yang tepat?) berbentuk bunga, tapi saya minta si bungsu untuk membentuk dengan cetakan lucu yang dia dapat sebagai kado ulang tahun dari tantenya ^^ *makasih tante ...* lagipula mungkin karena komposisi margarin yang dipakai tidak sesuai takaran jadinya tekstur adonan tidak memadai pula untuk dicetak dengan semprotan.

Hasilnya ... voila ... kayak begini ini nih hasil eksperimen saya dan si bungsu ^^


 foto: aseli buatan sendiri

No comments:

Post a Comment