Saturday, June 1, 2013

Belajar Menulis #2 Indonesian Moms' Bloggers

Baru beberapa hari yang lalu saya ikut bergabung dengan KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger), dan saya dibuat terkagum-kagum dengan kemampuan para emak yang ternyata doyan ngeblog. Ya ampun, ke mana aja saya selama ini, yak? Hmmm ... untuk menghindari curcol yang tidak perlu di blog ini, saya mau cerita tentang emak-emak hebat yang saya sambangi blognya.

Kalau saya perhatian, blog-blog ini dikelola secara pribadi oleh para emak. Ada yang masih pemula seperti saya, tapi lebih banyak lagi yang sudah malang melintang di dunia blogging. Ini, misalnya, keliatan dari banyaknya tulisan yang sudah mereka posting dan penggunaan template blogging yang di luar standar ... di tangan emak-emak ini, blog-blog mereka jadi terlihat indah dan profesional. Tulisan mereka juga bagus-bagus, saya kadang mikir sendiri ... kok bisa ya mereka kepikiran menuliskan tema itu di blog mereka, sementara saya masih sering jumpalitan cari ide sana-sini untuk dituliskan di blog saya. Topik yang mereka tuliskan berangkat dari hal-hal keseharian, tapi gagasan yang mereka tawarkan benar-benar fresh. Orisinil dan keren. Seru lah. Banyak dari mereka yang ibu rumah tangga, seperti saya, tapi banyak juga yang bekerja, part time maupun full time. Super!

O ya, anggota KEB sendiri tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Mereka yang tinggal di mancanegara adalah emak-emak asal Indonesia, namun karena kerja ataupun keluarga jadinya tinggal di luar negeri. Di KEB para emak ini saling memotivasi dan berbagi informasi. Duh, saya jadi malu sendiri ... sering saya bicara tentang pemberdayaan perempuan tanpa tau bagaimana menerapkannya dalam tindakan. Tapi di KEB, saya melihat sendiri bagaimana perempuan berdaya dengan kesadaran dan kehendak dirinya sendiri. Jempol buat KEB dan para emak. Hidup emak-emak Indonesia!


foto: dokumentasi pribadi

2 comments:

  1. Sammmaaa saya juga baru bergabung, dan merasa jadi ketinggalan banget, ngeliat blog2 yang luar biasa punya emak2 ini. Jadi makin terpacu untuk menulis, menulis, dan terus menulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk terus menulis, Bun (insyaAllah...), sambil berharap memberi manfaat untuk keluarga dan sesama, juga mendapatkan berkat dari Allah Ya Rabb. aamiin.

      Delete