Tuesday, July 2, 2013

Belajar Menulis #5 Do Not Copy, please ...

Kemarin saya sempat membaca tulisan bagus yang diposting di blog Ibu-Ibu Doyan Nulis, salah satu forum yang saya ikuti sebagai anggota. Tulisan itu membahas masalah plagiarisme di dunia blogger. Agak tersentak juga saya membaca tulisan itu karena ternyata masalah di dunia blogging tidak jauh dari masalah yang biasa dihadapi di dunia akademik.

Sebagai pembelajar baru di belantara blogging dan penulis wannabe, saya merasa cukup khawatir dengan maraknya plagiarisme yang mewabah. Saya yakin setiap orang ingin sekali bisa berusaha dengan apa yang dimilikinya, dan besar/kecilnya penghargaan terhadap karya orang lain sebenarnya merefleksikan besar/kecilnya penghargaan terhadap karya sendiri. Kalau mau jujur, setiap orang juga pastinya ingin dihargai kan dengan karya-karyanya, jadi kemarahan sudah pasti wajar kalau bicara tentang hak cipta yang diambil alih begitu saja.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi apa pun yang lebih baik ... istri yang lebih baik, ibu yang lebih baik, penulis yang lebih baik, dst yang lebih baik. Dari banyak cara yang tersedia, saya percaya bahwa belajar dari kesalahan adalah guru yang paling baik ... jalannya mungkin lewat peluh dan aral melintang yang melelahkan dan kadang terasa pahit ditelan, tapi kalau kita ikhlas dan mampu berdamai dengan segala pengorbanan di muka, insyaAllah buahnya juga akan terasa manis di akhir, apalagi jika diresapi dengan penuh kesyukuran.


No comments:

Post a Comment