Saturday, June 30, 2018

Bola-bola nasi

Kemarin sore ada yang salah dengan nasi di rumah. Mungkin karena kurang air, jadi nasi hanya matang di bawah sedangkan di bagian atasnya masih aron. Malamnya, jadilah kami makan mie instan semua.

Pagi ini saya memutuskan untuk membuat nasi goreng, tapi... olala, ternyata tetap saja bagian nasi yang belum matang tidak bisa diupgrade menjadi lebih matang, sementara nasi yang matang malah menjadi lembek.

Melihat keadaan ini, si tengah yang kami daulat sebagai chef sibuk mencari ide untuk mengolah nasi tadi. Setelah beberapa waktu mendiskusikan kemungkinan ini dan itu, akhirnya ia memutuskan mengolahnya menjadi bola-bola nasi.

Dengan bantuan kakaknya, sang chef sibuk di dapur mengoordinir persiapan pembuatan bola-bola nasi. Sementara ia menyiapkan bumbu-bumbunya, kakaknya membantu menyiapkan bahannya. Sederhana lho, ternyata. Bahannya hanya bawang bombay yang ditumis bersama potongan wortel yang dipotong dadu kecil-kecil, dicampur parutan keju, merica, dan garam.

Setelah semua bahan dan bumbu matang, lalu dicampurkan ke nasi goreng yang gagal dimasak hingga rata. Setelah itu, mereka buat bulatan bola-bola yang diisi dengan potongan keju. Membayangkan kejunya, langsung menetes air liur saya. Hahaha.

Bola-bola yang sudah terbentuk lalu dicelupkan ke dalam kocokan telur dan digulingkan di atas gundukan tepung roti. Sayang, kami harus menunggu sedikit lebih lama karena bola-bola nasi yang sudah diselimuti tepung roti ini baru bisa digoreng setelah disimpan di freezer selama setidaknya 1 jam.

Tapi, ah, ternyata penantian 1 jam itu terbayarkan sudah. Sore ini kami bisa menikmati nasi yang hampir saja mubadzir terbuang menjadi bola-bola nasi berisi keju yang lezat. Nyammm. Alhamdulillah ^_^

No comments:

Post a Comment